MAKALAH
SIMULASI DIGITAL KELAS X TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
SIMULASI DIGITAL
GURU : ENDANG SRI WAHYUNI, S,ST
DISUSUN OLEH :ALLEN DERACI BUANA BR
NIS : 152063004
SMK NEGERI 2 TARAKAN
JL. AKI BALAK RT.20 TARAKAN
TELPON : (0551) 21461
Kata Pengantar
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi keguruan.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Tarakan, Agustus 2015
Allen Deraci Buana
Penyusun
Daftar Isi
Kata Pengantar ...............................................................................................................
Daftar Isi ......................................................................................................................
Bab I : Pendahuluan
Bab II : Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online)
Bab III : Penutup
Daftar Pustaka
Daftar Pustaka
Bab I : Pendahuluan
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan saat ini berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan dalam hitungan jam, menit atau detik, terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perkembangan TIK sangat mempengaruhi tatanan kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Pada era pertama peranan pendidikan berpusat pada keluarga, dimana para orang tua memainkan perannya sebagai guru kepada anaknya tentang arti dan makna kehidupan, anak diajari agar mampu beradaptasi dengan alam, mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan sampai pada akhirnya mereka mampu hidup mandiri tanpa bantuan orang lain. Pada generasi kedua lahir sekolah sebagai tempat belajar anak, dimana orang tua memandang bahwa berbagai perubahan telah terjadi, mereka merasa tidak mampu lagi hanya mengandalkan pendidikan yang diturunkan dari orang-orang terdahulu, ketidak relevansian terhadap tuntutan kehidupan pada masa itu sulit dengan hanya bermodalkan pendidikanseadanya. Berbagai perubahan terus mengalir, seiring dengan derasnya alir mengalir tanpa henti, sekolah bermunculan di mana-mana sebagai tanda kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, namun pada generasi ke-tiga, lahirlah pendidikan yang mengedepankan azas terbuka, dimana bagi masyarakat yang tidak mampu untuk datang ke sekolah karena masalah ekonomi dan sulitnya mendatangi sekolah karena faktor geograis. Pada generasi ini lahirlahpendidikan yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat belajar tanpa harus datang ke sekolah, mereka dapat belajar di mana saja, kapan saja dan dengan apa saja serta oleh siapa saja, bahkan mereka bebas mengatur sendiri kapan mereka harus belajar dan mempelajari pelajaran apa yang merekakehendaki. Pendidikan semacam ini dikenal dengan istilah Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (PTJJ). Pada generasi ke-empat dan ke lima, dimana peran media elektronik dapat memperkuat proses pelaksanaan PTJJ termasuk dalam hal ini media komputer yang di dukung dengan fasilitas internet sehingga lahirlah pembelajaran berbasis WEB. Sehingga masyarakat tidak lagi belajar dengan orang yang berada di dekatnya secara isik, namun dengan kecanggihanteknologi ini, mereka dapat belajar dengan orang lain yang secara fisik tidak berada di dekatnya, bahkan dari penjuru duina pun mereka dapat belajar. Belajar berasama di lingkungan sekolah maupun di luar dengan memanfaatkan TIKmampu memfasiltasi interaksi secara bersama- sama dan dapat dilakukan dalam satu waktu. Pembelajaran bersama atau biasa disebut Collaborative Learningadalah belajar dapat dilakukan oleh dua kelompok atau lebih dilakukan secara bersama sehingga dapat memanfaatkan berbagai sumber belajar di dalamnya. Masing kelompok dapat menjadi sumber belajar bagi kelompok lain dan sumberbelajar dapat diakses secara langsung melalui fasilitas internet yang telah dipersiapkan sedemikian rupa. Collaborative learning memanfaatkan sumber daya dan keterampilan satu sama lain (meminta informasi satu sama lain, mengevaluasi ide-ide satu sama lain, memantau pekerjaan satu sama lain dan lain-lain). Collaborative learning didasarkan pada model di mana pengetahuan dapat dibuat dalam suatu populasi di mana anggotanya secara aktif berinteraksi dengan berbagi pengalaman dan mengambil peran asimetri (berbeda).
Bab II : Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online)
Inilah informasi yang lengkap
mengenai definisi atau pengertian Komunikasi Daring disertai dengan ulasan atau
pembahasan fungsi dan jenisnya yang ada beberapa macam. Dari pengertian
komunikasi daring atau biasa yang di kenal dengan komunikasi data dalam
jaringan akan membuat Anda memahaminya dengan baik, sehingga semua itu menjadi
dasar untuk belajar kepada tahapan yang selanjutnya.
Memang, ada banyak pengertian
tentang komunikasi daring menurut pakar komunikasi. Dan tidak jarang dijumpai
perbedaan yang sering membuat kita sedikit “bingung”. Oleh sebab itu, kita
jangan terjebak dengan perbedaan yang terjadi, lebih baik kita ambil saja
benang merah dari perbedaan tentang pengertian dan definisi atau arti dari
komunikasi daring.
Baiklah, berikut adalah ulasan
sesuai judul artikel diatas. Sebelumnya, informasi ini di dapatkan dari tulisan
seorang guru yang bernama Cahyokrisma, kini ia mengajar di sekolah Swasta di
SMK Kristen 5 Klaten.
Jika Anda masih mengalami kekurang jelasan dalam informasi yang ada, maka Anda bisa mengunjungi laman blognya, disini
Jika Anda masih mengalami kekurang jelasan dalam informasi yang ada, maka Anda bisa mengunjungi laman blognya, disini
Oke, kembali ke laptop :).
Kita mulai dari Definisi atau
Pengertian Komunikasi.
Komunikasi adalah pengiriman dan
penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg
dimaksud dapat dipahami.Jika anda berbicara sedangkan mita icara anda tidak
mengerti, atau sebaliknya, maka komunikasi belum terjadi.
Data adalah keterangan atau bahan
nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).
Informasi adalah data yang diolah
menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima, yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang bersifat fakta yang digunakan untuk
mengambil kesimpulan.
Fungsi komunikasi adalah :
- Sebagai informasi
Komunikasi membantu proses
penyampaian informasi yang diperlukan individu dan atau kelompok untuk
mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan
alternatif
- Sebagai kendali
Komunikasi bertindak untuk mengendalikan
perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan
garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
- Sebagai motivasi
Komunikasi membantu perkembangan
motivasi dengan menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana
mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja
jika itu di bawah standar
- Pengungkap emosional
Bagi sebagian komunitas, mereka
memerlukan interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu
merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena
itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat
untuk memenuhi kebutuhan sosial
Komunikasi data seperti halnya orang
yang saling berkomunikasi, yang melibatkan komponen : pesan, pengirim, media
dan penerima.
dapat diambil kesimpulan bahwa
#1. Pengirim/sender adalah
seseorang yang memiliki gagasan atau pesan yang biasanya memulai percakapan.
#2. Pesan/message adalah informasi atau gagasan yang dibagikan.
#3. Media/medium adalah metode atau jalur yang digunakan untuk mengirim pesan.
#4. Penerima/receiver adalah seseorang yang menerima pesan.
#2. Pesan/message adalah informasi atau gagasan yang dibagikan.
#3. Media/medium adalah metode atau jalur yang digunakan untuk mengirim pesan.
#4. Penerima/receiver adalah seseorang yang menerima pesan.
Perbedaan antara komunikasi antara
orang dan komunikasi data adalah adanya komponen tambahan, yang dinamakan
dengan protocol.
Protokol adalah sebuah aturan atau
standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan
perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat
diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.
Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
PENGERTIAN /DEFINISI KOMUNIKASI
DALAM JARINGAN (DARING)
Istilah komunikasi dalam jaringan
mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan
computer. Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana
penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan
internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia
maya atau cyberspace.
Komunikasi dalam jaringan pertama
dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang
luas dan berkeinginan untuk menghubungkan computer-komputer yang tersebar di
kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi
Ethernet (perangkat komunikasi pada computer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam
Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah
protocol yang pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun
1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang
berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam
dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer
sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide
web.
JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
- Komunikasi dalam jaringan sinkron
Komunikasi dalam jaringan secara
real time menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam
jaringan serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat
(yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype, line, facetime,
google+ hangout, dll).
- Komunikasi dalam jaringan asinkron
Komunikasi dalam jaringan secara
tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam
jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi
e-mail, video streaming, dll).
Komunikasi online lebih mengacu pada
membaca, menulis, berbagi video kamera dan konunikasi melalui jaringan komputer
secara sinkron. (Bandingkan dengan yang ini, klik disini).
TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
#1. Memungkinkan pengiriman data
dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
#2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
#3. Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
#4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
#2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
#3. Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
#4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM
JARINGAN
- Hardware/perangkat keras
Perangkat yang bentuknya dapat
dilihat atau diraba oelh maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan
perangkat pendukung koneksi internet
- Software
Program komputer yang berguna untuk
menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan sebagai
perantara antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (brainware).
- Brainware
Brainware adalah pengguna software
ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan.
Komunikasi
Daring atau komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana
penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan
Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut
komunikasi di dunia maya atau cyberspace.
Jenis-Jenis Komunikasi Daring
Jenis-Jenis Komunikasi Daring
- Komunikasi
daring sinkron
(serempak) Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron
adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara
serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain
sebagai berikut : Google+ Hangouts,FaceTime dan Skype
- Komunikasi
daring asinkron
(tak serempak) Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah
komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda.
Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi
visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web
Komponen
Pendukung Komunikasi Daring
Terdapat beberapa
komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan.
Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai
berikut:
- Komponen
perangkat keras (hardware) Perangkat yang bentuknya dapat
dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata.
Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi
daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung
koneksi Internet.
- Komponen
perangkat lunak (software) Program komputer yang berguna
untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan
sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat
keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan
komunikasi daring antara lain: skype, google+ hangout, webconference, dll.
- Komponen
perangkat nalar atau akal (brainware) Termasuk dalam komponen ini adalah
mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat
lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.
Keunggulan Komunikasi Daring
- Dapat dilakukan
kapan saja di mana saja
- Efisiensi biaya
- Efisiensi waktu
- Terintegrasi
dengan layanan TIK
- Meningkatkan
intensitas berkomunikasi
- Meningkatkan
partisipasi
Kelemahan
Komunikasi Daring
- Tidak mewakili
emosi pengguna
- Memerlukan
perangkat khusus
- Terlalu banyak
informasi yang tidak penting
- Menyita
konsentrasi
Sejarah
komunikasi dalam jaringan
Sejarah Komunikasi Dalam Jaringan
(Daring)
|
Perkembangan
pertama komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika
mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau
pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan
ARPANET, yang diluncurkan pada tahun 1969, akhirnya berkembang menjadi
Internet. Internet berasal dari interconnected networks yang disingkat menjadi
Internetwork, atau Internet, yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di
seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3.
Pada periode pertama, sejak pertengahan 1980-an para pendidik menemukan potensi media pendidikan untuk pengajaran bahasa (Cummins, 1986). Integrasi komunikasi yang dimediasi komputer di dalam kelas itu sendiri dibagi menjadi dua,yaitu :
- Beberapa
pendidik mulai menggunakan e-mail untuk mengatur pertukaran informasi
jarak jauh,
- Pendidik
mulai menggunakan program perangkat lunak sinkron (Daedalus Interchange.
Daedalus Inc, 1989) untuk memungkinkan percakapan komputer antar kelas.
Komunikasi
daring menjadi mungkin dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980-an,
setelah pengembangan dan penyebaran komputer pribadi atau PC(personal
computer). Latar belakang komunikasi daring dalam pembelajaran dan penelitian
dapat dibagi menjadi dua periode yang berbeda, yaitu :
- ditandai
oleh pengenalan komputer sebagai media pendidikan pada tahun 1980-
an
- munculnya world wide web pada pertengahan 1990-an.
Bab III : Penutup
3.1 Kesimpilan
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada
membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/
menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam
jaringan adalah cara berkomunikasi di mana
penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan
atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi
di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya
atau cyberspace.
membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/
menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam
jaringan adalah cara berkomunikasi di mana
penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan
atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi
di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya
atau cyberspace.
3.2 Kritik dan Saran
Bagi siswa penerus bangsa marilah kita banyak-banyak belajar terutama dalam belajar tentang keterampilan komputer dan pengelolaan informasi. Karena apabila kita banyak belajar kita bisa tahu bagaimana cara berbuat sesuatu. Oleh karena itu marilah kita semangat belajar dalam kehidupan kita sehari-hari.
Daftar Pustaka
http://lukaterikita.blogspot.com/2014/10/makalah-kelas-maya-lengkap-v.html
makalah saya
BalasHapusOke sudah ibu terima.
BalasHapus